Sabtu, 02 Juni 2012

Bukan hanya manusia, Robot juga berpengaruh dalam sejarah


10 Robot Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

Robot menjadi tolak ukur dalam kemajuan teknologi suatu negara. Tidak heran bila para ahli robot dari setiap negara, berlomba-lomba untuk membuat robot secanggih mungkin, yang bisa digunakan dalam segala bidang.


Peran robot dalam kehidupan bisa membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Seperti bisa digunakan dalam suatu penelitian di lokasi berbahaya yang sangat riskan bila dilakukan oleh manusia, hingga melakukan pekerjaan rumah.


Dunia robot dewasa ini selalu memberikan penemuan-penemuan baru yang sangat mencengangkan. Bahkan, para ilmuwan membuat robot yang disempurnakan dan hampir menyerupai tampilan manusia. Namun, tahukah Anda 10 robot yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi? Berikut Talinews jabarkan satu persatu untuk Anda.


1. The Pigeon (Sekitar 350 SM)


Pasti Anda tidak mengira bahwa robot sudah lama ditemukan. Pertama kali ditemukan Archytas, seorang filsuf Yunani, astronom, matematikawan, dan negarawan. Ia membuat The Pigeon, suatu alat 'burung mekanis' yang terbuat dari kayu, yang didorong oleh uap air dan terbang hingga 200 meter. Ini menjadikan The Pigeon sebagai robot pertama yang pernah dibuat dan alat yang bisa terbang pertama.




1.+The+Pigeon+%28Sekitar+350+SM%29


2. Robot Ksatria Leonardo Da Vinci (1495)


Nama Leonardo Da Vinci pasti tidak asing lagi bagi Anda. Selain sebagai pelukis yang dikenal dengan karyanya yang brilliant, ternyata Leonardo ikut memberikan sumbangsih dalam dunia robot. Ia menciptakan robot ksatria yang dibuat dalam bentuk sketsa. Robot itu bisa berdiri, duduk, mengangkat pelindung kepala, dan menggerakkan tangan. Sketsa itu diwujudkan oleh para ilmuwan dengan membuat robot sesuai sketsa Leonardo.


2.+Robot+Ksatria+Leonardo+Da+Vinci+%281495%29


3. The Duck (1738)


Jacques de Vaucanson menciptakan sejumlah robot otonom dimasanya. Namun, robot 'The Duck' adalah satu karyanya yang paling terkenal. Karena dibuat menggunakan mesin, dengan lebih 400 bagian yang berbeda. The Duck bisa mengepakkan sayap, makan, mencerna, dan buang air. Robot yang sangat mengesankan di zaman itu.


3.+The+Duck+%281738%29


4. Remote Kontrol Perahu Tesla (1898)


Nikola Tesla memang penemu kumparan listrik yang diakui dunia. Namun, ia memiliki prestasi lain di bidang robot, yang ditemukan ketika ia sedang mencari cara untuk menunjukkan transmisi sistem nirkabel. Ia menempatkan perahu besi di dalam air di Madison Square Garden yang dikendalikan dengan remote dari jarak jauh.


4.+Remote+Kontrol+perahu+Tesla+%281898%29


5. The Unimate (1962)


Pada tahun 1960, peneliti banyak melakukan pengembangan lengan robot, tapi salah satu yang paling penting adalah 'Unimate Arm'. Ini adalah salah satu robot industripertama, dan dipasang pada jalur perakitan General Motors, yang akan mengurangi kemungkinan cedera dan kematian selama produksi. Unimate sekarang terdaftar di Aula Robot of Fame bersama R2-D2.


5.+The+Unimate+%25281962%2529


6. Shakey the Robot (1966)


Organisasi robot internasional menempatkan Shakey the Robot sebagai satu robot cerdas pertama yang dibuat. Shakey menunjukkan kemampuannya untuk berpikir dan kemudian bereaksi dengan menavigasi sendiri, mengubah dan mematikan lampu, membuka dan menutup pintu,dan mendorong benda-benda tertentu di sekitarnya. Sekarang robot ini dipajang di Museum Sejarah Komputer Mountain View.


6.+Shakey+the+Robot+%281966%29


7. Genghis (1989)


Robot ini memiliki enam kaki otonom yang dikembangkan oleh para ilmuwan Mobile Robots Group di laboratorium MIT. Genghis dibuat menggunakan empat microprosesor, 22 sensor, dan 12 fungsi servomotor.


7.+Genghis+%281989%29


8. NASA Mars Pathfinder dan Sojourner (1997)


Para ilmuwan NASA memiliki andil besar dalam pembuatan robot yang menkajubkan. Satu robot yang menonjol adalah robot yang digunakan dalam misi Mars, Pathfinder dan Sojourner.


8.+NASA+Mars+Pathfinder+dan+Sojourner+%281997%29


9. Lego Mindstorms (1998)


Robot ini berisi perangkat lunak dan deprogram dengan perangkat keras. Mindstorms terinspirasi oleh buku Seymour Papert, dimana merekomendasikan teori matematika sederhana dalam pembuatan robot.


9.+Lego+Mindstorms+%281998%29


10. ASIMO (2000)


Robot keluaran Honda ini sangat humanoid. Bisa bergerak seperti manusia dan mampu melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia. Honda mengumumkan bahwa Asimo merupakan mesin paling mengesankan dalam robotika. Hal ini dikarenakan Asimo dapat meniru manusia,menggunakan lengan, berbicara, mendengarkan, melihat, dan  mengenali orang atau benda
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar